DOA BEPERGIAN YANG WAJIB ANDA KETAHUI

 Doa Bepergian: Memohon Perlindungan dan Keselamatan

Dalam agama Islam, bepergian termasuk dalam salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan. Bepergian dapat memberikan pengalaman baru dan dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal. Namun, setiap kegiatan selalu memiliki resiko, termasuk ketika kita bepergian. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT sebelum melakukan perjalanan. Berikut ini adalah doa bepergian yang bisa diamalkan:



  1. Doa Berangkat

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alal-laahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Dengan nama Allah aku berangkat, aku bertawakal kepada Allah, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa berangkat ini harus diucapkan sebelum memulai perjalanan, baik itu dalam bentuk perjalanan jauh atau dekat. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon perlindungan kepada Allah dan meletakkan segala urusan kita pada tangan-Nya.

  1. Doa Naik Kendaraan

“Subhaanal-ladhee sakhkhara lanaa haadhaa wa maa kunnaa lahu muqrineen. Wa innaa ilaa Rabbinaa lamunqalibuun.”

Artinya: “Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan segala sesuatu untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu untuk menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa ini harus diucapkan ketika naik kendaraan, baik itu mobil, motor, atau pesawat terbang. Dengan mengucapkan doa ini, kita memohon perlindungan dari segala kecelakaan dan bahaya selama perjalanan.

  1. Doa Tiba di Tujuan

“Alhamdulillaahil-ladhee sadaqanaa wa’adaahu wa nasara ‘abdahu wa hazamal-ahzaaba wahdah.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya, memberikan kemenangan kepada hamba-Nya, dan mengalahkan musuh-musuh-Nya sendirian.”

Doa tiba di tujuan ini harus diucapkan setelah tiba di tempat tujuan. Dengan mengucapkan doa ini, kita menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah atas keselamatan dan perlindungan yang telah diberikan selama perjalanan.

Dalam melakukan kegiatan apapun, termasuk bepergian, kita harus selalu mengingat Allah dan memohon perlindungan serta keselamatan kepada-Nya. Dengan mengamalkan doa-doa tersebut di atas, kita memperkuat iman dan tawakal kepada Allah SWT. Semoga Allah senantiasa melindungi dan memberikan keselamatan kepada kita dalam segala perjalanan yang kita lakukan. Aamiin.

0 Response to "DOA BEPERGIAN YANG WAJIB ANDA KETAHUI"

Post a Comment