Tata Cara, Niat serta Doa Sholat Tahajud yang Benar dan Ringkas

Sholat Tahajud adalah shalat sunat yang dilakukan pada waktu malam; sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktu untuk sholat Tahajud sesudah shalat isya sampai terbit fajar. Shalat di waktu malam hanya dapat disebut shalat tahajud dengan syarat apabila dilakukan sesudah bangun dan tidur malam, sekalipun tidur itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajud, tetapi shalat sunat biasa seperti witir dan sebagainya.

adapun waktu untuk melaksanakan sholat Sunah Tahajud ialah waktu isya sampai waktu subuh. Sedang sepanjang malam ini ada saat-saat utama, lebih utama, dan paling utama. Maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi 3 bagian :

a.       Sholat Tahajud di Sepertiga pertama, yaitu kira-kira jam 19 sampai dengan jam 22 ini saat utama.
b.      Sholat Tahajud di Sepertiga kedua, yaitu kira-kira jam 22 sampai dengan jam 01 ini saat sholat tahajud yang lebih utama.
c.       Sholat Tahajud Sepertiga ketiga, yaitu antara jam 01 sampai dengan masuknya shubuh, ini adalah saat Sholat Tahajud yang paling utama.

Adapun Niat Sholat Tahajud yang benar Adalah sebagai berikut : 


 “USHALLII SUNNATAT TAHAJJUDI RAKATAINI LILLAAIHl TA’AALAA.”

 Artinya:

“Aku niat mengerjakan shalat sunnah tahajjud dua rokaat  karena Allah Taala.”


Untuk Tata cara melaksanakan Sholat Tahajud pada dasarnya sama seperti melakukan sholat sunah yang lainnya, yang membedakan hanya niat nya. untuk lebih jelasnya Ikuti langkah-langkah berikut : 

1.      Mengucapkan niat sholat tahajud pelan dan menghayati artinya dalam hati.
2.      Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atasseperti takbir sholat biasanya
3.      Membaca doa iftitah. Karena sifatnya sunnah, akan lebih baik apabila dilakukan
4.      Membaca surat Al-fatihah.
5.      Membaca surat pendek Al Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat lainnya dalam Al Quran.
6.      Melakukan ruku’, I’tidal, sujud hingga salam sambil membaca untuk gerakan tersebut.
7.      Untuk Rakaat selanjutnya, Ikuti langkah seperti di atas (point 1-6)
8.      Setelah salam, disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, istiqfar, dan doa sholat tahajud.



Berapa Rakaan Sholat Sunah Tahajud?
Jumlah Rakaat Sholat Tahajud yaitu dua rakaat satu kali salam, untuk batas maksimalnya disesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing. Semakin banyak jumlah rakaan semakin baik.
Rasulullah SAW melaksanakan sholat tahajud dengan 1 atau 3 rakaat witir. Beliau pernah sholat tahajud 8 rakaat dengan 3 rakaat wiitir. Beliau juga pernah sholat tahajud 8 atau 10 rakaat dengan 1 rakaat witir.
 


Setelah Selesai melaksanakan Sholat Tahajud, lanjutkan dengan membaca doa setelah sholat tahajud, doanya adalah sebagi berikut :
 




 
ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHIN, WA LAKAL HAMDU LAKA MUKUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHIN, WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWATI WAL ARDHI. WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU WA WADUKAL HAQQU WA LIQAA’UKA HAQQUN WA.QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANAARU HAQQUN, WAN NABIYYUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ALAIHI WASALLAMA HAQQUN, WAS SAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ILAIKA TAWAKKALTU, WAILAIKA ANABTU, WABIKA KHASAMTU. WAILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKHKHARTU, WA MAA ASRARTU WA MAA ALANTU ANTAL MUQQADDIMU WA ANTAL MU’AKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA AMNTA, AU LAA ILAAHA GHAIRUKA WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI.

Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud :
“Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Muluh segala puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi serta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahaya Iangit dan bumi. Bagi Mulah segala puji, Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu itu adalah hak, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu hak benar, dan Nabi Muhammad saw, adalah benar dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah, kepada-Mulah aku berserah diri, kepada Engkau aku berirnan dan kepada Engkau aku bertawakal, kepada Engkau jualah aku kembali, dan kepadu-Mulah aku rindu, dun kepada Engkaulah aku berhukum.

Ampunilah aku atas kesalahan yang sudah aku lakukan dan yang sebelumnya, baik yang aku sembunyikan maupun yang aku nyartakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, Tiada Tuhan melainkan Engkau dan tiada Tuhan selain-Mu. Tiada daya dan kekuntan melainkan dengan Allah.”

Demikian urain singkat tentang Tata Cara Sholat Tahajud, Semoga kita semua bisa istiqomah menjalankanya. dan digolongkan sebagai hamba Allah yang senantiasa bersyukur dan Taat kepadanya. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua, dan memasukan kita semua kedalam surganya kelak. Amin.



0 Response to "Tata Cara, Niat serta Doa Sholat Tahajud yang Benar dan Ringkas"

Post a Comment