Pengertian Doa Qunut, Bacaan Doa Qunut dan Artinya

Apa arti do'a Qunut ?

Dari segi bahasa Qunut berarti doa. Dalam istilah syara’ Qunut yaitu lafaz/dzikir tertentu yang dibaca setelah iktidal pada rakaat terakhir dalam shalat tertentu, seperti shalat subuh, witir dan lain-lain. 

Bagaimana bacaan (lafadz) doa Qunut?

Bacaan Do’a Qunut adalah sebagai berikut : 



ALLAAHUMMAHDINII FIIMAN HADAIIT, WAAAFINII FIIMAN AAFAIIT, WA TAWALLANII FIIMAN TAWALLAIIT, WA BAARIKLII FIIMAA ATHAIIT, WA QINII SYARRAMAA QADLAIIT, FA INNAKA TAQDLII WA LAA YUQDLAA ‘ALAIK, WA INNAHU LAA YADZILLU MAN WAALAIIT, WA LAA YA’IZZU MAN ‘AADAIT, TA BAARAKTA RABBANAA WA TA’AALAIT, FALAKAL HAMDU ‘ALAA MAA QADLAIIT, ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIKA, WA SHALLALLAAHU ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADININNABIYYIL UMMIYYI WA ‘ALAA AALIHII WA SHAHBIHII WA SALLAM.
Adapun Arti Bacaan Do’a Qunut ialah :
“Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami akan kesehatan sebagaimana orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah kekuasaan pada kami sebagaimana orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Berilah berkah pada barang yang telah Engkau berikan kepada kami. Jagalah kami dari keburukan barang yang telah Engkau pasti. Sesungguhnya Engkau Dzat yang menetapkan dan tiada seorang pun yang menetapkan Engkau. Sesungguhnya tidak ada hina bagi orang yang Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Engkau ya Tuhan kami, Maha Suci Engkau dan Maha Luhur Engkau. Bagi Engkau segala puji atas barang yang telah Engkau pasti. Aku mohon ampunan dan taubat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Kita Muhammad, Nabi yang Ummi dan kepada keluarga serta sahabatnya.”

Demikian sedikit tulisan tentang apa itu do'a qunut dan bacaan doa qunut. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin

0 Response to "Pengertian Doa Qunut, Bacaan Doa Qunut dan Artinya"

Post a Comment