TATA CARA SHOLAT DHUHA DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH JIKA RAJIN MENGERJAKAN SHOLAT DHUHA

Shalat dhuha yaitu shalat sunnat yang dilaksanakan pada waktu pagi atau waktu dhuha yakni ketika matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah, yang kira-kira antara jam tujuh, delapan, sembilan, sampai masuk waktu shalat dhuhur.

Adapun Tata Cara Melaksanakan Sholat Dhuha sebagai berikut : 
Shalat dhuha ini sedikitnya dikerjakan dua raka’at dan sebanyak-banyaknya dua belas raka’at dengan setiap dua rakaai satu salam. Dan cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan shalat sunnat dua rakaat lainya, baik gerakkannya maupun bacannya, yang dimulai dan takbiratul ihram dan diakhiri  dengan salam. hanya saja niatnya berbeda. Cara rnelaksanakan shalat sunat dhuha sama dengan shalat fardhu dálarn setiap gerakannya, yang membedakan hanyalah niat shalatnya. 

Berikut Lafaz (Niat)  Sholat Dhuha :


“USHALLII SUNNATADH DHUHAA RAKATAINI LTLLAAHI TAAALAA”.,

Arti niat Sholat Dhuha :

“Aku Niat mengerjakan shalat sunnat dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala. Untuk shalat dhuha ini sebaiknya pada raka’at pertama sesudah membacà surat A1-Fatihah diteruskan dengan membaca surat Asy-Syamsu dan pada raka’at kedua membaça surdt Adh Dhuha. 

Doa Sesudah Shalat Dhuha:




“ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA WALBAHAA BAHAA-UKA WAL JAMAALA JAMAALUKA WAL QUWWATA QUUWATUKA WAL QUDRATA QUDRATUKA WAL ISHMATTA ‘ISHMATUKA ALLAAHUMMA IN KAANA RIZQII FISSAMAAIFAANZILHUWA IN KAANAFIL ARDHI FA-AKHIJNU WAIN KAANA MU’ASSIRAN FAYASSIRHU WA IN KAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU WA IN KAANA BA’JIDAN FAQARRIBHU BIHAQQI DHUHAA-IKA WA BAHAA-IKA WA JAMAALIKA WA QUUWATIKA WA QUDRATIKA  AATINII  MAA ATAITA IBAADAKASH SHALIHIINA.

Artinya :
“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika hararn sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahun. kekuatan dan kekuasuan-Mu, limpahkaniah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.”
 

APA MANFAAT YANG DIPEROLEH KETIKA KITA MELAKSAAKAN SHOLAT DHUHA SECARA RUTIN?

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan jika kita rajin mengerjakan sholat dhuha, baik itu manfaat yang diperoleh di dunia ataupun kelak manfaat buat kita di akhirat.
Manfaat Sholat Dhuha untuk kesehatan : 

1.      Olah Raga tanpa disadari
Sholat dhuha dilakukan di pagi hari, dimana pagi hari adalah waktu yang baik untuk berolah raga. Dengan melakukan sholat dhuha maka seluruh organ tubuh kita akan bergerak secara dinamis, mulai dari pergelangan tangan, kaki, sendi sampai otot- otot kita. Semakin banyak Rakaat yang kita kerjakan semakin sehat pula badan kita. Mulai sekarang rajinlah melaksanakan sholat dhuha.
 2.      Memberikan Efek Kesehatan bagi Tubuh
Gerakan Sholat juga dipercaya ampuh membantu melancarkan peredaran darah yang ada didalam tubuh manusia. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat ruku, kemudian sujud dimana posisi kepala lebih rendah dari pada badan kit, hal ini membuat darah mengalir ke kepala. Kemudian saat duduk aliran darah normal kembali.

Manfaat Sholat Dhuha untuk Rohani : 
Sholat adalah ibadah wajib yang harus dilaksankan setiap Muslim. Disamping ibadah wajib kita juga disunahkan mengerjakan ibadah sunah yang lainnya, salah satunya adalah sholat dhuha. Dengan melaksanakan sholat dhuha akan memberikan efek yang lebih tenang terhadap jiwa anda. Jika anda tidak percaya mulai sekarang biasakan rutin melaksanakan sholat dhuha. Sholat Dhuha adalah sholat pembuka rezeki, jadi dengan rajin melaksanakan sholat dhuha hidup kita akan lebih tenang, lebih tawakal karena kita yakin rezeki kita sudah dijamin oleh Allah SWT. Coba anda buka ceramah-ceramah di youtube tentang sholat dhuha. Maka anda akan mendapatkan semangat baru dalam kehidupan anda. Ada banyak jaminan dari Allah untuk hambanya yang rajin mengerjakan sholat dhuha. Baik jaminan kekayaan didunia maupun kelak di akhirat. 

Semoga Artikel Cara Mengerjakan Sholat Dhuha dan Manfaatnya ini bisa memotivasi anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga Allah SWT menggolongkan kita sebagai hambanya yang taat dan senantiasa bersyukur. Amin
 


1 Response to "TATA CARA SHOLAT DHUHA DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH JIKA RAJIN MENGERJAKAN SHOLAT DHUHA"

  1. Memang benar jika kita melakukan tata cara sholat dhuha dengan benar, insyaallah bisa membawa hati kita tenang. Luar biasa memang bila sholat dhuha ini dilakukan sungguh-sungguh tiap harinya.

    ReplyDelete