TIPS (CARA) MEMILIH/MEMBELI MESIN FOTOCOPY BAGI PEMULA AGAR USAHA FOTOCOPY LANCAR

Apa kabar semua juragan Fotocopy dan Calon Juragan Fotocopy, semoga sehat selalu ya. Sebelum saya menjelaskan tentang Tips memilih mesin fotocopy bagi pemula, saya ingin sedikit bercerita awal mula saya membuka usaha fotocopy. Sebelum saya membuka Usaha fotocopy saya pernah bekerja di toko fotocopy milik bos saya dulu, dari situ saya banyak belajar bagaimana cara menjalankan usaha fotocopy, memilih mesin yang baik, cara melayani pelanggan dengan benar, hingga mengatasi masalah kerusakan pada mesin fotocopy karena hal ini sangat penting anda ketahui jika anda ingin terjun ke dunia usaha fotocopy.

Setelah membuka sendiri usaha fotocopy saya lebih memahami lagi bagaimana usaha ini dijalankan. dan yang saya tekankan sebisa mungkin saya service sendiri setiap kerusakan yang terjadi, jika kerusakan dirasa terlalu parah baru saya memanggil teknisi langganan. hal ini saya lakukan untuk menghemat biaya operasional toko. Karena untuk memanggil teknisi membutuhkan biaya yang cukup mahal. hehehe.... tentunya bagi pemula seperti saya dulu. Karena pemasukan dari usaha belum stabil. 

Sebelum anda membuka usaha fotocopy sebaiknya ada tau cara mengatasi masalah-masalah kerusakan kecil pada mesin fotocopy, syukur-syukur jika anda paham semua bagaimana mengatasi kerusakan mesin fotocopy. Karena jika anda kurang paham anda hanya akan membuang banyak waktu untuk menunggu teknisi datang ke tempat usaha anda. Itu berarti akan banyak rejeki yang anda lewatkan bukan? bukankah amat disayangkan jika pelanggan kita kecewa karena mesin kita bermasalah. Ini tidak akan terjadi jika anda sedikit memahami tentang kerusakan mesin fotocopy. 


Udah dulu ya juragan basa basinya, langsung saja kita Simak Tips Memilih/Membeli Mesin Fotocopy Bagi Pemula versi pengalaman saya sendiri. 

1. Usahakan Membeli mesin fotocopy dari Distributor atau teknisi yang dekat dengan lokasi anda. hal ini bertujuan  agar sewaktu-waktu ada masalah dengan mesin anda, Teknisi bisa segera datang ke tempat usaha anda. Ini menjadi pengalaman berharga juga buat saya sendiri. Awal membuka usaha fotocopy saya membeli mesin dari distributor diluar kota. Pada waktu terjadi kerusakan (masih dalam lingkup garansi) saya harus menunggu 1-2 hari untuk teknisi sampai ke tempat usaha saya. Hal seperti ini sangat merugikan. 

2. Pada saat membeli mesin fotocopy usahakan mesin bergaransi, menurut saya ini penting, karena kita tidak akan pernah tau bagaimana nasib manusia. hehehe... 

3. Cek keadaan drum. Ini hal yang sangat penting dalam tips memilih mesin fotocopy. karena drum yang baik menentukan kualitas cetak yang baik pula. cara Mengeceknya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan black copy atau fotocopy tanpa menutup kaca scanner sehingga akan terlihat bagaimana kualitas drum yang anda beli. Semakin pekat dan rata hasil cetakan menandakan semakin baik pula keaadaan drum mesin fotocopy. 

4. Tips selanjutnya cara memilih mesin fotocopy yang berkualitas usahakan anda membeli mesin fotocopy eks luar negeri. Kenapa harus bekas dari luar negeri? menurut pengalaman Saya membeli mesin fotocopy, mesin eks luar negeri lebih terjamin kualitasnya dibandingkan mesin lokal dari dalam negeri. Mesin lokal biasanya adalah mesin yang sudah banyak pemakaianya dan eks mesin rental. Berbeda dengan mesin eks luar negeri biasanya belum terlalu banyak pemakaian dan hanya di pakai untuk keperluan kantor.

5. Masalah harga, untuk harga mesin fotocopy sendiri bervariasi menyesuaikan dana yang anda punya. 


6. Merk mesin fotocopy, sebaiknya anda gunakan mesin fotocopy merk canon. Mengapa harus Canon? menurut saya mesin fotocopy canon paling handal dan mudah dalam perawatan. Selain itu juga sparepart atau suku cadang mudah di dapatkan Karena kebanyakan pengusaha fotocopy menggunakan mesin fotocopy merk ini. 

mungkin itu saja beberapa tips (cara) memilih mesin fotocopy yang berkualitas berdasarkan pengalaman saya Selama menggunkan mesin fotocopy. Selamat menjalankan usaha anda, semoga sukses selalu.

3 Responses to "TIPS (CARA) MEMILIH/MEMBELI MESIN FOTOCOPY BAGI PEMULA AGAR USAHA FOTOCOPY LANCAR"

  1. terimakasih telah berbagi info menarik seputar tips pemilihan mesin foto cop. sangat bermanfaat Kak...
    Aplikasi Kasir Android Bagus

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik buka usaha fotocopy, namun belum nemu artikel lengkap tentang itu. Karena modal pas pasan jadi ragu

    ReplyDelete