Cara Mengatasi Hasil Fotocopian Belang pada mesin foto Copy IR 5000, IR5050, IR 6000, IR 6050


Cara Mengatasi Hasil Fotocopian Belang pada mesin foto copy Canon sangat beragam, penyakit mesin fotocopy memang sangat membingungkan. Ceritanya Kemaren saya di bingungkan dengan mesin saya ir 5050 yang ngambek gak mau normal gambarnya atau bisa di bilang belang secara horizontal.


Saya mulai kebingungan mencari solusi cara mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang ini. Sayapun mulai bertanya kesana kemari, dari hasil jawaban para master fotocopy tersebut akan saya tuliskan beberapa cara mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang agar normal kembali. Karena di setiap mesin fotocopy akan beda penangananya tinggal anda coba metode mana yang berhasil anda terapkan di mesin fotocopy anda.

Langsung saja berikut ada beberapa cara mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang :

1.       Merubah Program Ketajaman Tinta pada mesin fotocopy anda.
Ini adalah cara pertama yang mungkin bisa anda coba untuk mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang, jika cara ini tidak berhasil anda bisa mengikuti cara selanjutnya. Untuk merubah program ikuti langkah-langkah berikut :

          - Masuk ke Save Mode dengan cara menekan *28*
          - Kemudian masuk ke menu Copier
3        - Pilih pada Tab Adjust
4        - Klik Develope
5       - Rubah angka di menu BIAS, nilai ini tidak bisa ditentukan tinggal anda sendiri yang mengaturnya (sebagai catatan semakin tinggi angka, maka hasil fotocopi semakin hitam atau terang)
6       - Rubah HVT-DE (set dengan menggunakan  ikon (-) misal -20 atau sesuai kebutuhan mesin fotocopi anda.
7       - Setelah selesai matikan mesin dan hidupkan kembali.
Jika cara mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang ini tidak berhasil ikuti cara selanjutnya ini.

2.       Cara yang ke dua yaitu dengan menguras Develope
Mengapa kita harus menguras develope untuk mengatasi hasil fotocopy belang pada mesin fotocopy Canon? Karena ketika saya menguras Develope banyak terdapat  tinta yang membeku di dalamnya , hal ini bisa mengganggu kinerja mesin fotocopy karena membuat aliran toner menjadi terhambat. Selain menguras develope jangan jangan lupa bersihkan juga rol magnet sampai bersih dan kinclong.

Jika pengurasan dan pembersihan sudah selesai pasang kembali devlope. Anda bisa mengisi toner secara manual sebelum develope di isi kembali. Jika anda malas mengisinya manual bisa anda isi secara otomatis dengan cara :

1.       Masuk ke Save Mode (*28*)
2.       Tekan Copier
3.       Tekan Fungsion
4.       Tekan Instalk
5.       Klik Toner check
6.       Kemudian klik oke, tunggu beberapa saat sampai pengisian tinta selesai.

3.       Cara selanjutnya yaitu dengan Menyetel tinggi rendahnya wayer/korona bawah.
Hal ini memang tidak terduga tapi terbukti ampuh mengatasi hasil fotocopy belang di mesin IR 5050 saya menjadi normal kembali. Stel tali corona agak menjauhi Drum karena jika terlalu dekat dengan drum maka kerja corona bisa tidak normal atau banyak orang bilang nembak.

4.       Cara terakhir untuk mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang yaitu dengan membersihkan drum. Karena jika drum tidak dalam keadaan bersih akan sangat mempengaruhi hasil fotocopian mesin anda. Gosok hingga bersih dan kinclong drum mesin fotocopi anda, anda bisa menggunakan cairan Sanpoly atau sejenisnya. Jangan lupa juga gunakan lap kering dan berbahan dasar lembut agar tidak merusak permukaa drum.

Demikian artikel singkat tentang bagaimana cara mengatasi/memperbaiki hasil fotocopy belang pada mesin fotocopy Canon IR. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda dan usaha anda selalu di beri kelancaran. Amin.

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Fotocopian Belang pada mesin foto Copy IR 5000, IR5050, IR 6000, IR 6050"

Post a Comment